Wednesday, July 21, 2010

Ramadhan and Friendship

Text: Hanif
Foto: Google image
____________________






Ya sobat, ini tulisan untuk menyambut datangnya bulan ramadhan yang kurang dari sebulan lagi, di saat saya yang sedang menjalani cobaan ( Baca: ujian) semester 5. So, langsung saja apa hubungan friendship dan bulan ramadhan? Hubungannya baik- baik saja. Oh, tentu bukan itu yang aku maksud tapi apa yang bisa kita lakukan di bulan ramadhan untuk memelihara persahabatan. Sebagai umat muslim kita wajib memelihara hubungan silaturahim. Bulan ramadhan merupakan training bagi kita untuk lebih meningkatkan silaturahim. oh ya kalau ada yang masih punya utang puasa, jangan lupa ya.

Mungkin ada yang bilang, wah yang nulis sok paling tau friendship. Oh tentu tidak, karena kita semua sedang dalam proses pembelajaran dan pematangan, jadi tidak ada istilah siapa yang paling benar. Apa yang sebaiknya kita harapkan dari datangnya ramadhan terhadap hubungan persahabatan? Tentunya keakraban dan saling peduli terhadap sahabat mungkin jawaban dengan retorika terindah. Tapi pertanyaannya bagaimana kita sebagai muslim menjadi sahabat yang benar- benar baik bagi kawan- kawan kita?

Tentu pertanyaan besar bagi kita semua. Biasanya, sebagai bentuk solidaritas kita terhadap teman, maka kita akan berusaha membuat kawan kita senang, entah bagaimanapun itu bentuknya dan konsekwensinya. Kita akan mengatakan benar tentang segala tingkah lakunya meskipun itu bertentangan dengan aturan islam. Mungkin rasa takut ditinggal sahabat akan membuat kita justru menjerumuskan sahabat kita sendiri. Kita sebagai umat islam tentunya harus lebih peduli terhadap sahabat dengan mengatakan perbuatannya yang salah itu salah. Kalau kita diam saja, itu sama dengan kita menyetujui perbuatannya yang salah yang artinya kita tidak peduli dengannya.

Alangkah indahnya sobat, andai kita bisa bersahabat tanpa bertentangan dengan aturan islam, karena persahabatan yang benar dan sehat menurut saya, andaikan kita bisa mengingatkan dan mendapat peringatan dari kawan kita seandainya kita melenceng dari jalur yang hanif (my name!) atau lurus. Bukan jalur T418 atau jalur angkutan lainnya lho….

Dengan semakin dekatnya bulan Ramadhan, aku mengajak teman- teman, mari kita saling memaafkan satu sama lain. Untuk teman- teman yang sedang ujian semester, selamat menempuh hidup baru..??! Dan bagi yang sedang menjalani final year project I wish you all good luck, semoga segalanya dipermudah dan diperlancar oleh Allah SWT. Amin ya rabb.

Mari kita menjadi sahabat terbaik bagi teman- teman kita dengan saling mengingatkan apabila ada sahabat kita yang perlu diingatkan tanpa harus khawatir akan ditinggal olehnya, karena dengan itulah kita bisa memiliki sahabat- sahabat yang berkualitas. Kalaupun kita merasa tidak ada yang pernah mengingatkan kita, maka kita harus minta supaya diingatkan agar menjadi koreksi bagi diri kita.

Sekian saja untuk note-ditengah-gempuran-exam ini, I just want to remind you to remind me to remind us That it’s what we call friendship in Islam. Sampai jumpa di bulan Ramadhan 1431 H...


Flat,20 days before Ramadhan 1431


No comments:

Post a Comment